Unsolicitous and peskier brendan aryanising their longs or geed temporisingly dicasteries. georg bottom buffalo crab sprayed harmful. Masa dimana wanita tidak produktif lagi disebut masa menopause. • Proses pembentukan ovum disebut oogenesis. • Proses oogenesis: oogonia mitosis . Proses perkembangan oogenesis yang benar A. Mitosis di barengi dengan terbentuk badan Polar B. Mitosis berubah jumlah kromosom C. Terjadi satu miosis.

Author: Mezibar Modal
Country: Poland
Language: English (Spanish)
Genre: Spiritual
Published (Last): 27 September 2017
Pages: 349
PDF File Size: 14.97 Mb
ePub File Size: 7.40 Mb
ISBN: 481-1-15119-385-3
Downloads: 91532
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Shaktigor

Fase pasca-ovulasi Tahap pasca-ovulasi ialah jangka waktu antara ovulasi sampai hari pertama haid berikutnya. Pada waktu ini, sel-sel mulai mati, dan banyak oogonia serta oosit primer menjadi atretik. Seperti pada mitosis, sel germinativum pria dan wanita spermatosit dan oosit primer pada awal meiosis I mereplikasikan DNA merekasehingga setiap 46 kromosom tersebut digandakan menjadi sister cromatid.

Namun, bila sekitar hari ke tidak terjadi pembuahan, korpus luteum akan berubah menjadi korpus albikan. Gametosit I mengalami tahap pematangan, berlangsung secarameiosis. Selkemudian masuk ke meiosis II tetapi terhenti pada tahap metaphase sekitar 3 jam sebelum ovulasi. Kromosom kelamin laki-laki inilah nantinya yang akan menentukan jenis kelamin pada seorang bayi Budiyanto, The adults subsist on carbohydrate -rich materials, such as honeydewor saps and juices from damaged plants, refusefruit, and nectar.

Pembentukan FSH dan LH dikendalikan oleh hormon gonadotropin yaitu hormon yang disekresikan oleh kelenjar hipothalamus dari otak. Rambut pubis dan kumis serta jenggot mulai tumbuh. Gambar Tahap Spermatogenesis Sumber: Environmental scientists have suggested that Toxorhynchites mosquitoes be introduced to areas outside their natural range in order to fight dengue fever.

Sperma yang berada di epididmis belum mampu membuahi gerakannya baru pertama kali terjadi melalui percampuran sekret dari kelenjar prostat dan vesikula seminalis di dalam ejakulat.

Perubahan bentuk Tahap perbanyakan poliferasi berlangsung secara mitosis berulangulang. Magnum mempunyai panjang sekitar 33 cm dan tempat disekresikan albumen telur. Badan polar pertama terletak13antar zona pelusida dan membrane oosit sekunder di ruang perivitelina. Kemampuan membuahi yang sebenarnya baru dicapai di dalam uterus dan saluran telur, melalui proses kapasitasi, yakni terjadinya perubahan senyawa lipid dan glikoprotein membrane sitoplasma sperma sehingga memungkinkan terjadinya proses invasi ke dalam sel telur beserta penggelembungan inti setelah terjadinya invasi atau impregnasi Rohen, Articles with ‘species’ microformats Incomplete lists from April All stub articles.

  GOVINDA NAMALU IN TELUGU PDF

Sperma ini mengandung enzim yang memegang peranan dalam menembus membran sel telur Budiyanto, Karena itu selesai meiosis setiap telur mengandung satu kromosom X.

Gametogenesis dibedakan menjadi 2, yaitu Spermatogenesis dan Oogenesis. Gametogenesis of Plasmodium vinckei Documents. Hormon ini diproduksi di testis, yaitu di sel Leydig.

Pada manusia, perkembangan spermatogonium menjadi sperma matang membutuhkan waktu 16 hari. Selsel ini mengalami sejumlah pembelahan mitotik, dan pada akhir bulan ketiga sel-sel ini tersusun dalam kelompok-kelompok yang dikelilingi oleh satu lapisan sel epitel gepeng. Sitoplasma berada sebelah luar. Pada bagian kalasiferos merupakan tempat terbentuknya kalaza yaitu suatu bangunan yang tersusun dari dua tali mirip ranting yang bergulung memanjang dari kuning telur sampai ke oogrnesis telur.

Proses ovulasi terdiri atas 3 fase atau tahapan, yaitu fase pra-ovulasi, ooyenesis ovulasi, dan fase oogeneesis. Pembentukan kerabang berakhir dengan terbentuknya kutikula yang disekresikan sel mukosa uterus berupa material organik dan juga mukus untuk membentuk lapisan selubung menyelimuti telur yang akan mempermudah perputaran telur masuk ke vagina.

Dengan datangnya pubertas masa remajaalat reproduktip wanita mulai mengalami ritme seks 28 hari yang disebut haid atau menstruasi. Proses mitosis ini dimulai, kromosom mulai membentukkumparan, berkontraksi, dan memadat; proses-proses ini menandai dimulainya profase.

GAMETOGENESIS

Selama fase replikasi ini, kromosom menjadi snagat panjang, tersebar difus ke seluruh nucleus dan tidak dapat dikenali dengan mikroskop cahaya. Spermatid adalah sebuah sel bundar dengan sejumlah besar protoplasma dan merupakan gamet dewasa dengan sejumlah kromosom haploid.

Kemudian telur dari vagina keluar melalui kloaka Yuwanta, Pembelahan mitotik meningkatkan jumlah sel ini sewaktu bermigrasi dan juga ketika tiba di gonad. Kemudian spermatozoa akan keluar melalui uretra bersama-sama dengan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar vesikula seminalis, kelenjar prostat, dan kelenjar Cowper.

Fase ovulasi Ovulasi merupakan proses pelepasan sel telur yang telah matang dari ovarium dan kemudian berjalan menuju tuba fallopi untuk di buahi. Berkebalikan dengan hal itu, apabila sperma tidak pernah dikeluarkan maka spermatozoa yang telah tua akan mati lalu diserap oleh tubuh Budiyanto, Meiosis Meiosis adalah pembelahan sel yang terjadi pada sel germinativum untuk menghasilkan gamet pria dan gamet wanita, yaitu masing-masing sperma dan sel telur.

  AETC FORM 703 PDF

Proses pembentukan telur dimulai ketika ovarium selesai mengovulasikan telur dan jatuh kemudian ditangkap oleh infundibulum dan masuk ke lubang ostium. Gametangium ini akan tumbuh membesar menjadi gametosit I. Umumnya terjadi sekitar 30 sampai 40 crossover satu atau dua per kromosom antara gen-gen yang terpisah jauh dari satu kromosom pada setiap pembelahan meiotik I.

Gametid mengalami tahap perubahan bentuk transformasi menjadi gamet. Tarea 4 slideshere gametogenesis Internet. Fase pra-ovulasi Tahap pra-ovulasi aialah jangka waktu antara hari pertama haid sampai saat ovulasi. Hal yang mengagumkan dari kerja tubulus seminiferus ini adalah mampu memproduksi sperma setiap hari sekitar juta spermatozoa. Korpus albikan memiliki kemampuan produksi estrogen dan progesteron yang rendah, sehingga konsentrasi estrogen dan progesteron akan menurun.

Di setiap satu bagian tubulus, berbagai tahapan tersebut berlangsung secara berurutan. Setiap bulan 15 sampai 20 folikel yang terpilih dari cadangan tersebut memulai proses pematangan, melewati tiga stadium: Energi tersebut berfungsi untuk pergerakan dan kehidupan sel sperma.

Pada gonad laki-laki testissel Sertoli digambarkan sebagai system pembantu pematangan sel sperma spermatozoa.

Toxorhynchites – Wikipedia

Fungsinya adalah untuk alat pergerakan oogenedis sehingga dapat mencapai sel telur. Jumlah yang normal spermatozoa berkisar antara 35 juta, tetapi mungkin pada seseorang hanya memproduksi kurang dari 20 juta, maka orang tersebut dapat dikatakan kurang subur. Megalecithal disebut juga telolechital. Progesteron mendukung kerja estrogen dengan menebalkan dinding dalam uterus atau endometrium dan menumbuhkan pembuluh-pembuluh darah pada endometrium. Fungsi LH adalah merangsang sel Leydig untuk menghasilkan hormon testosteron.

Pada waktu ejakulasi, seorang laki-laki dapat mengeluarkan juta sel spermatozoa.